2013 - A Prophecy


Author: Felicia Yosiana G

9 Januari 2013

Saat pergantian tahun akan terjadi, teman-teman Tim Doa telah banyak menerima peringatan dan nubuatan dari Tuhan mengenai akan jadi speerti apa tahun 2013 ini. Nubuatan-nubuatan tersebut ada yang diterima secara langsung lewat bimbingan Roh Kudus, dan ada pula yang diterima lewat hamba-hamba Tuhan di Indonesia yang nama-namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tentu saja, semua yang kami dapatkan saling kami crosscheck dengan satu sama lain dan juga dengan isi nubuatan di Alkitab dan dari para hamba-hamba Tuhan senior ini. Dan konklusinya: semuanya klop.
Saat saya meminta hints dari Tuhan untuk menuliskan entry mengenai 2013, saya mendapatkan 12 poin yang ternyata juga telah divalidasi oleh ayat-ayat Alkitab mengenai akhir zaman. Tidak hanya itu, teman-teman Tim Doa bahkan ada yang mendapatkan mimpi profetik mengenai hal tersebut. Berikut ini adalah mimpi Yani menjelang 2013:


Pada malam tahun baru, Tuhan memberikan saya sebuah mimpi singkat. Di dalam mimpi tersebut, saya sedang berada di rumah seperti biasa kemudian ketika saya menoleh ke jendela saya melihat sinar matahari yang sangat terang , saya seakan-akan melihatnya dari jarak dekat padahal saya sedang berada di dalam rumah. Kemudian saya melihat status blackberry dan twitter teman-teman saya, mereka mengatakan bahwa hari ini merupakan hari terpanas sedunia, begitu menyakitkan panas matahari tersebut. Saya langsung memutuskan untuk tidak keluar rumah hari itu.

Akan tetapi, sesaat kemudian, saya sudah berada di luar, tepatnya berada di jalur kereta api. Dan anehnya saya sama sekali tidak merasakan panas sedikitpun padahal sinar matahari bersinar terang sekali. Saya juga melihat anjing peliharaan saya juga berada disana, ia sedang “membuang kotoran” di jalur kereta api. Kemudian saya terbangun, saya melihat keluar jendela, tidak ada matahari seterang itu, tapi saya merasa mimpi tersebut benar-benar nyata.

Untuk sesaat saya tidak merasa bahwa mimpi tersebut merupakan mimpi dari Tuhan karena saya jarang sekali bermimpi lagi. Malam harinya, saya kembali teringat akan mimpi saya, saya tergerak untuk menceritakannya kepada teman-teman Tim Doa, dan mereka mendapatkan arti dari mimpi saya yang sama sekali tidak saya pikirkan : Sinar matahari yang sangat terang tapi tidak menyakitkan adalah Allah Bapa sendiri dengan kemuliaan-Nya. 

Status teman saya merupakan bukti bahwa orang-orang dunia tidak tahan dengan kemuliaan Tuhan. Jalur kereta api merupakan perjalanan anak-anak Tuhan dan “kotoran” anjing merupakan halangan dan rintangan, bahkan dosa-dosa yang akan menghalangi anak-anak Tuhan untuk menggapai janji Tuhan. Mimpi saya merupakan janji mengenai surga dan nubuatan perkenanan Tuhan untuk anak-anak-Nya pada tahun 2013, tahun yang penuh dengan ujian dan tantangan. Tapi tidak semuanya akan sama: anak-anak Tuhan yang berhasil akan memperoleh janji Tuhan sedangkan untuk orang dunia yang tidak mendapatkan perkenanan Allah: tidak.

Mimpi ini juga merupakan grace dan requirement dari Tuhan bagi saya. Saya merasa sangat terhormat mendapatkannya. Saya tahu saya tidak layak untuk itu. Maka, saya pun kembali memutar kejadian yang saya alami beberapa minggu yang lalu menjelang Natal dan Tahun Baru sebelum saya mendapatkan mimpi ini untuk berefleksi.

Saat itu saya sedang mengalami masa-masa yang berat, hubungan saya dengan Tuhan bisa dikatakan buruk. Saya tetap melakukan saat teduh, membaca Alkitab, berdoa, pergi ke gereja dan sebagainya seperti biasa, tapi saya tidak merasakan sedikitpun kehadiran Tuhan; hanya kekosongan, kesepian dan kesedihan yang saya rasakan sepanjang minggu itu. Hal tersebut semakin buruk ketika saya mengambil keputusan yang salah, saya memilih untuk jalan-jalan dibandingkan menghadiri sebuah pertemuan penting dengan Tuhan bersama dengan Tim Doa, padahal saya sudah diperingatkan tetapi saya tetap bebal dan keras kepala. Pada akhirnya, saya pun menuai  apa yang saya tabur, saya menyesal dan memohon ampun kepada Tuhan, saya berjanji untuk tidak melakukan hal yang sama sambil berpuasa dan membuang semua hal duniawi yang menyebabkan saya jauh dari Tuhan. Tapi hal tersebut tidak cukup, saya merasa ada sesuatu yang kurang. 

Kemudian pada hari minggu, 2 hari sebelum Tahun Baru, saya pergi ke gereja sore harinya, dan Tuhan menunjukkan kebaikan-Nya yang luar biasa. Saat pembawa firman berkhotbah, Ia membeberkan semua dosa-dosa saya dan membuat saya mengakui semua kesalahan yang telah saya perbuat sebelumnya. Saya menangis teramat sangat dan Tuhan pun memulihkan saya. Ia juga mendorong saya membuat komitmen baru dan saya merasa terlahir baru pada titik itu. Beban-beban saya seakan terlepas. Saya kembali memegang tangan Tuhan untuk kembali berjalan bersama Dia.

Jujur, saya amat sangat malu, dengan banyak nya dosa saya... Tetapi Ia tetap sabar, terus mengasihi dan memulihkan saya—bahkan sampai memberikan mimpi profetik yang luar biasa.
Satu yang dapat saya pelajari: jika kita mengakui kesalahan kita dan sungguh-sungguh dan bertobat, Ia adalah setia dan adil. Ia mengampuni segala dosa kita dan bahkan memulihkan kita. Perlu diingat bahwa bertobat bukan hanya sekedar meminta ampun, tetapi tidak melakukan kesalahan yang sama, menjadi pribadi yang baru dengan karakter Kristus yang juga harus dilengkapi dengan sikap yang berani setia sampai akhir.

-          Yani, akhir 2012


Nah... Arti mimpi di atas sinkron dengan 12 poin yang saya dapatkan. Poin-poin tersebut adalah:

1.      Tahun 2013 akan dipenuhi dengan tantangan. Dunia ini tidak akan jadi lebih baik dari segi fisik maupun jiwani. Hal ini tertulis dengan jelas pada nubuatan-nubuatan mengenai akhir zaman di Alkitab, yaitu bahwa menjelang kesudahan segala sesuatunya, manusia akan berkembang terus menjadi makhluk yang semakin jauh dari kodrat ilahi. Tapi hal yang sama tentunya tidak boleh terjadi pada anak-anak Tuhan. Sebaliknya, sama seperti yang telah ditekankan Paulus pada surat-suratnya yang mengingatkan kita mengenai pentingnya hidup di dalam roh, apa yang terjadi pada dunia ini justru akan menjadi tantangan bagi kita untuk semakin bersinar terang sebagai anak-anak Allah. Bukankah semakin redup dan gelap suatu tempat maka semakin nyatalah pula cahaya yang bersinar di dalamnya?

2.      Tahun ini akan menjadi ujian kesetiaan bagi anak-anak Allah. Tuhan menyebutnya sebagai ‘Masa Pengukuhan’ waktu saya menanyakan apa artinya. Dibimbing oleh Hikmat yang menjabarkan mengenai kisah juang para pahlawan iman di Perjanjian Lama, Roh Kudus menyatakan bahwa setiap orang-orang terpilih Allah pasti harus melewati dahulu kompor pengujian kesetiaan. Contoh termudahnya saja Abraham; ia diminta Allah untuk mengorbankan Ishak, anak semata wayangnya, sebagai kurban bagi Allah. Yusuf pun mengalami ujian kesetiaan saat imannya ditantang lewat keadaan yang sepertinya tidak bertambah baik (sudah dituduh melecehkan isteri bos, dilempar ke penjara, mendekam sampai bertahun-tahun pula...). Tapi apa yang terjadi saat mereka lulus uji kesetiaan? Mereka dipercayakan lebih oleh Tuhan dan diangkat-Nya menjadi orang-orang pilihan.

3.      Akan terjadi pemisahan antara kambing dan domba, ilalang dan gandum. Selain uji kesetiaan, tahun 2013 juga akan menjadi tahun ‘bukti’ bagi Tuhan dan umat-Nya. Di sinilah akan dimulai pemisahan besar-besaran, dimana hidup orang-orang dan segala yang mereka imani dan perbuat akan nyata dalam kehidupan mereka. Bagi domba dan gandum, Tuhan menjanjikan penyertaan luar biasa. Bagi ilalang dan kambing, tertulis pada Alkitab bahwa ‘yang jahat akan bertambah jahat’...

4.      Tentu saja, akan terlihat pula perbedaan antara domba / gandum kualitas top dan kualitas ecek-ecek. Tuhan kita adil, dan Ia tahu benar cara mengasah berlian dan melebur emas. Adalah pilihan kita mau jadi emas atau berlian dengan kualitas seperti apa.

5.      Bagi sebagian orang percaya, tahun ini akan menjadi masa penuaian besar-besaran. Kenapa ditulis ‘sebagian’ saja? Karena seperti pada masa 7 tahun kekeringan dan 7 tahun kelimpahan Mesir pada masa Yusuf, hanya negara (dalam arti: orang percaya) yang rajin menabung dan menyetor pajak ke ‘lumbung’ Roh Kudus yang akan berkelimpahan pada masa kekeringan. Bila deposito banyak, tabungan mereka menunjang, otomatis inflasi tidak akan jadi masalah, bukan?

6.      Akan terjadi goncangan di seluruh bumi. Saya tidak mendapatkan nubuatan yang jelas (secara langsung dari Tuhan) apakah ini dimaksudkan secara fisik seperti bahaya bencana alam atau bahaya rohani. Tapi satu hal ditekankan Roh Kudus dalam Alkitab, ‘Bangkit dan menjadi teranglah’! Yap, anak-anak Tuhan harus menjadi terang di dunia yang semakin gelap ini, dan itu berarti berani tampil beda dan dicemooh karena tidak ikut-ikutan mainstream sama orang-orang tidak percaya.

7.      Tahun pengujian prinsip dan integritas. Berkaitan dengan akhir zaman yang semakin mendekat, Tuhan menyatakan secara jelas bahwa karakter ilahi yang tertanam dalam setiap orang percaya akan diuji lewat prinsip dan integritas masing-masing. Akan terlihat pula prinsip dan integritas macam apa yang akan menghasilkan gandum / domba kualitas tinggi, dan domba / kualitas biasa atau rendah.

8.      Tahun Pemurnian. Selain segunung nubuatan di atas, tahun 2013 juga akan menjadi tahun pemurnian yang disiapkan Allah bagi mereka yang telah dipisahkan-Nya dari dunia.
9.      Dengan begitu banyaknya janji dan juga tantangan di tahun ini, Tuhan meminta kita untuk menumbuhkan Iman yang Teguh. A Steady Faith. Tanpa iman yang teguh, kita pasti akan berbalik setia daripada-Nya saat kehidupan tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Iman yang fluktuatif tidak akan menghasilkan apa-apa selain kepahitan dan kemunduran rohani, tekan Roh Kudus.
10.  2013 akan menjadi a test of endurance. Itulah sebabnya Tuhan menaruh poin di atas. Tanpa iman yang teguh, kita tidak akan dapat meng-endure atau bertahan di dunia yang makin merosot moralitas dan kerohaniannya ini. (Oh, dan Allah mengingatkan agar kita tidak banyak bersungut-sungut).

11.  Tahun pembuktian jenis hati: apakah hati kita adalah ladang yang subur bagi firman Allah; atau tanah yang berbatu; bersemak belukar; atau bertanah tipis. Bagaimana firman yang kita baca menjadi rhema berkualitas yang berkembang dan berbuah dalam hidup kita akan diuji pada tahun ini. (Roh Kudus memberikan tips lewat Yosua pasal 1 untuk rajin memperkatakan firman agar kita dapat bertahan dan terus menanjak ke atas alih-alih jatuh terseret dunia).

12.  Sesuai dengan nubuatan pada Matius 25:29 dan Wahyu 22:11, dimulai dari tahun ini maka hasil ‘raport’ kita akan menentukan apakah kita akan semakin naik atau turun.

Validasi: 2 Petrus 3:3 & Yudas 1:18 (keadaan manusia pada akhir zaman), 2 Petrus 1:19 (teguh di dalam roh melalui firman), Matius 25:21 (tentang setia dalam perkara kecil), Matius 25:33 (pemisahan kambing dan domba), Matius 13:18-23 (mengenai jenis tanah bagi firman), Matius 13:36-43 (pemisahan gandum dan ilalang), Matius 13:49 (pemisahan orang benar dan orang yang tidak berkenan di hadapan Allah), Ibrani 10:22 (keteguhan dan pemurnian hati), Yohanes 12:48 (integritas di dalam kebenaran dan daihikimi oleh firman Allah), Ibrani 1:2 (peneguhan nubuatan oleh Roh Yesus Kristus melalui hamba-hamba-Nya), Yosua 1:8 (pentingnya memperkatakan firman dan merenungkannya), 1 Korintus 3:13 (tampaknya pekerjaan masing-masing orang di dalam kebenaran firman Tuhan).

Note: Anda bisa mengecek apakah nubuatan yang kami dapatkan ini sesuai dengan ayat Alkitab dan nubuatan hamba-hamba Tuhan lainnya lewat mesin pencari di internet. Beberapa hamba Tuhan yang nubuatan mengenai 2013nya kami gunakan untuk crosscheck adalah Yusak Tjipto, Pdt. Timotius Hardono dan beberapa pendeta-pendeta lainnya.